Postingan

Tutorial Translate dan RayCast Pada Program Permainan

Gambar
Tutorial Membuat dan menggunakan fungsi Translate() dan  Raycast() untuk program permainan. Translate () Translate adalah sebuah fungsi untuk membuat sebuah objek bergerak secara relatif terhadap posisinya sendiri dan bukan pada posisi dunia. Contohnya jika tombol panah maju ditekan maka objek akan mau ke depannya dan bukan ke arah depan pandangan pengguna. Fungsi Raycast() merupakan fungsi untuk melakukan penembakan ke arah yang dituju oleh kursor mouse dan menghasilkan koordinat Vector 3D. Selanjutnya, Mari kita mencoba mebuat dan menggunakan fungsi Translate () dan Raycast : Buatlah project baru di Unity atau cukup Scene baru, saja Pastikan Project yang digunakan adalah Game 3D. Tambahkan sebuah GameObject cube dengan cara klik menu GameObject -> 3D Object -> Cube dan tambahkan sebuah Component Rigidbody melalui menu Component -> Physics -> Rigidbody . Kemudian atur posisi Cube agar berada tepat di atas Plane seperti berikut ...

Tutorial Singkat Membuat Prefab

Gambar
Tutorial Singkat Membuat Prefab Prefab merupakan sebuah GameObject yang disimpan ke dalam Assets, yang nantinya bisa dimanfaatkan menjadi GameObject kembali. Idenya game yang akan dibuat kali ini cukup sederhana yaitu membuat Prefab dari sebuah GameObject dan mendaftarkannya sebagai sebuah variable public agar dapat dibuat ulang berkali-kali oleh fungsi pemanggil. Fungsi ini merupakan salah satu fungsi yang sering digunakan dalam pembuatan game. Langkah Pembuatan : Buatlah project baru di Unity atau cukup Scene baru saja (jika Anda masih ingin menggunakan project materi sebelumnya). Pastikan Project yang digunakan adalah Game 3D. Tambahkan sebuah Plane dengan cara klik menu GameObject -> 3D Object -> Plane lalu ganti namanya menjadi Lantai1 . Seperti Gambar Dibawah ini : Tambahkan plane kedua, ganti namanya menjadi Lantai2 dan atur scalenya menggunakan tombol Scale di pojok kiri atas atau masukkan angkanya pada panel transform. Ang...

Interaksi Object Cube 3D Pada Unity

Gambar
Pada Kesempatan kali ini saya ingin menyampaikan materi yang telah saya pelajari terkait Interaksi Object. Pertama kita akan membuat 3D Object Cube dengan cara klik GameObject->3D->Cube. Selanjutnya buat tiga kubus yang sama dengan cara, klik kanan pada cube yang sudah dibuat dan klik Duplicate. Selanjutnya kita akan membuat tag baru dengan cara pilih object manapun, lalu lihat kotak Inspector di sebelah kanan, klik Tag->Add Tag lali beri nama "Kotak1" Kalau sudah maka pilih Kubus4 dan ubah Tag-nya menjadi kotak1 yang nantinya akan berpengaruh pada Script. Selanjutnya Klik Kanan pada Folder Script ->Create-> C# Script dan Beri nama "ScriptKubus" Lalu Ketik Code Berikut : Pada baris ke 7: berisi 4 variabel boolean yang akan mengatur baris mana saja yang akan aktif pada fungsi Update(). Selanjutnya pada baris 13: baris ini akan memutarkan kubus yang dipasangi script. Misalnya, script ini dipasang di Kubus1...

Membuat Array dan Fungsi Looping

Gambar
·        ·          ArrayClass Pada Proses Pembuatan Script C# ArrayClass Tidak ada kendala dan Tampilan sesuai dengan apa yang ada pada materi 3 ·          FungsiLooping Proses Pembuatan Script C#   FungsiLooping Juga tidak ada kendala : Tampilan Muncul Sama persis seperti apa yang tertuang pada Materi 3:
Gambar
Berikut Saya Akan Membuat sedikit tutorial Mendasar Tentang Unity             Saat pertama kali membuat project Unity, akan tampil dialog Sign In. Jika anda sudah memiliki account unity diharapkan mengisi email dan password yang sudah anda buat. Tetapi jika anda Ingin Sign In dengan Account Google Atau Facebook Silahkan Klik “Sign In With Google Atau Sign In With Facebook. Selanjutnya Mengikuti apa yang sudah Tersedia             Klik New untuk membuat project baru, isian nama project name , misalnya “New Unity Project”, tentukan tempat penyimpanan project pada location , dan tentukan pembuatan project 2D atau 3D pada templates . Selanjutnya klik tombol Create Project . Berikut Saya Akan Menjelaskan Tentang Fungsi dari Masing Masing Interface Unity : 1.       Hierarchy Hierarchy berisikan seluruh game object yang ada di dalam ...