Shooting Target Pada Unity



Shooting Target Pada Unity

          Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi materi mata kuliah Pemrograman Permainan yang diajarkan oleh Bapak Dolly Virgian Shaka Yudha Sakti. Materi pada pertemuan 9 membahas mengenai fungsi Instantiate(). Jika pada materi sebelumnya bola yang dibuat secara run time dibiarkan jatuh begitu saja, kali ini bola-bola tersebut akan dilemparkan menuju sebuah sasaran.
  • Buatlah Project baru di unity atau cukup Scene baru saja jika masih ingin menggunakan project yang sudah digunakan dalam materi sebelumnya. Tambahkan sebuah plane dengan cara klik menu GameObject -> 3D Object -> Plane
  • Atur posisi plane pada komponen Transform menjadi (0,0,0). Setelah itu klik main Camera di tab Hierarchy, kemudian ganti position menjadi  (0,0,0) dan Rotationnya menjadi (0,90,0).



  • Tambahkan Cube dengan Cara Klik GameObject -> 3D Object -> Cube 
  • Siapkan prefarb Bola dan Ganti nama prefab menjadi peluru.

  • Tambahkan sebuah capsule atau object apapun untuk menjadi target sasaran tembak, lalu centang pilih Is Trigger pada object tersebut. Letakan Object sasaran berada pada sebrang Cube.

  • Buat sebuah 3D Text dengan cara klik menu GameObject -> 3D Object -> 3D Text. Ganti Tulisan “Hello World” dengan “Enemy Down!” lalu tempatkan 3D Text tersebut di atas Capsule dengan text mengarah ke Cube.



  • Berikut buatlah Script C# dan beri nama ShootingTarget.cs lalu ubah code menjadi seperti ini : Deklarasikan beberapa variable, lalu berikan inisialisasi Cube di method start.


  • Ubah Method Update() sehingga menjadi seperti ini :

  • Pasang Script ShootingTarget.cs pada GameObject Cube dan isilah parameter PosisiTembak dengan EmptyGameobject yang menjadi Cube dan parameter Bola dengan prefab Peluru.

  • Jika Game dijalankan, sebuah bola akan meluncur dari Cube setiap kali tombol spasi ditekan.

  • Buatlah sebuah script C# kembali dan beri nama Target.cs, Deklarasikan beberapa buah
    Variable dan modifikasi method Start().



  • Buat Method Sembunyikan () untuk menyembunyikan 3D Text dan Method OnTriggerEnter() untuk menangani Collision.

  • Pasang script Target.cs pada GameObject Capsule, kemudian isilah parameter text3d dengan GameObject 3D Text dan parameter pesan dengan teks sesuai keinginan Anda untuk pesan saat target terkena peluru. Selanjutnya jalankan games dan cobalah menembak capsule yang ada di tengah. Apakah pesan muncul dan score bertambah? Jika belum, coba cek apakah prefab sudah memiliki Tag “Bola”, karena script Target.cs pada baris 26 melakukan cek tersebut.


  • Selanjutnya buatlah Script TargetMove.cs untuk membuat target bergerak :


  • Pasang Script TargetMove.cs pada Capsule, dan atur kecepatan speed Capsule ketika di Run :

  • Jika Berhasil Target Capsule akan bergerak ke kanan dan kiri ketika di Run.
  • Selanjutnya buatlah Script CubeControl.cs untuk membuat Cube dapat digerakan menggunakan keyboard arah kanan, kiri, depan, belakang.


  • Pasang Script CubeControl.cs pada Cube, jika berhasil cube dapat digerakan menggunakan arah pada keyboard.
Sekian Penjelasan dari saya, silakan komentar untuk berdiskusi atau bertanya seputar topik ini.

Terimakasih.
Untuk mengetahui info terbaru seputar Universitas Budi Luhur silakan kunjungi website : https://www.budiluhur.ac.id/









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Interaksi Object Cube 3D Pada Unity

Tutorial Translate dan RayCast Pada Program Permainan

Membuat Array dan Fungsi Looping